Senin, 20 April 2009

ERA TECHNOPRENEURSHIP

Tidak bisa dipungkiri lagi, kondisi ekonomi bangsa ini masih terpuruk. Pengangguran bertambah, daya beli masyarakat menurun, kondisi sosial di masyarakat makin kacau. Masyarakat miskin mulai frustasi dengan kondisi tersebut, masyarakat yang lebih beruntung banyak mementingkan diri sendiri.


Beberapa waktu yang lalu saya membaca sebuah artikel di surat kabar yang mengutip pendapat dari salah seorang pengusaha tersukses di Indonesia, walaupun di artikel itu beliau lebih "nyindir" para caleg yang tidak ada satupun dari sekian banyak caleg yang mengangkat tema kewirausahhaan, mereka ( para caleg )hanya mengangkat isu - isu kebangsaan, padahal saat ini yang diperlukan adalah pembangunan ekonomi yang berbasis kerakyatan dengan dukungan Teknologi Informasi.

Ya...kenapa postingan ini berjudul ERA TECHNOPRENEURSHIP karena masyarakat kita khususnya pelaku usaha terutama usaha kecil masih ketinggalan jauh di banding dengan negara lain dalam penguasaan IT. Padahal Teknologi Informasi apabila di kuasain semua pengusaha kecil di Indonesia, maka bukan tidak mungkin negara sekelas China akan kalah bersaing dengan Kita.

Mungkin tidak mudah...tapi ini sudah merupakan kewajiban bagi para pelaku usaha di tanah air apabila ingin sejajar dengan bangsa lain. Mulailah dengan hal - hal yang sederhana, misal : setiap pengusaha kecil memiliki alamat email untuk kepentingan bisnisnya, lebih lanjut lagi harus berani belajar menampilkan profile usahanya di website atau blog..selanjutnya akan semakin terbuka untuk menggunakan semua fasilitas yang ada di internet untuk kepentingan usahanya.

PERLUKAH PEMERINTAH TURUN TANGAN?

Jawabannya...HARUSSSS...karena Pemerintahlah yang lebih punya kepentingan selain tentu saja pelaku usahanya sendiri. Saya yakin lambat laun ini akan menjadi suatu budaya sehingga penguasaan IT tidak lagi dianggap sebagai hal yang rumit oleh pengusaha kecil Kita.

ERA TECHNOPRENEURSHIP telah datang..akankah Kita hanya menjadi obyek dari kemajuan teknologi? sementara bangsa lain yang mengeruk keuntungannya.

Mari Kita mulai dari diri Kita masing - masing, saya sebagai seorang pengusaha kecil yang sedang belajar menguasai IT mengajak rekan - rekan semua untuk melek teknologi.

Salam TECHNOPRENEURSHIP

ALOY




Tidak ada komentar: