Selasa, 21 April 2009

Cara dan Tips Membuat Sale Pisang

Untuk menghasilkan sale pisang berkualitas tentu saja membutuhkan bahan - bahan yang berkualitas juga, PISANG yang dipiih juga harus benar - benar bagus dalam artian umurnya sudah cukup tua di pohon. Selain faktor bahan mentahnya, faktor cara pengolahannya juga sangat besar supaya hasilnya baik.
Bahan dan alat yang di perlukan :

1. Karbit kira - kira sebesar diameter 10 cm untuk proses pematangan pisang biar mateng berbarengan.
2. Plastik/terpal untuk menutup pisang pada proses pematangan ukuran 3mx3m.
3. Pisau stainless
4. Media penjemuran dari anyaman bambu dengan ukuran 1mx2m.

Langkah- langkah pengolahan pisang menjadi Sale :
1. Pilihlah pisang yang sudah tua di pohon.
2. Pisahkan pisang dari tandannya sehingga satuannya menjadi beberapa sisir pisang.
3. Susun pisang bertumpuk membentuk lingkaran dengan karbit yang di taruh di tengah - tengah tumpukan pisang.
4. Proses pematangan dengan karbit dilakukan selama 2 malam.
5. Bongkar tumpukan pisang setelah 2 malam, simpan pisang berjejer jangan di tumpuk.
6. Sehari setelah di bongkar barulah si pisang bisa di potong yang selanjutnya di jemur.
7. Cara pemotongan yaitu memanjang dari pangkal ke ujung pisang ( di belah )
8. Proses pengeringan dengan sinar matahari memerlukan waktu kurang lebih 7 hari.
9. Setelah 3 hari pertama pisang di balik supaya bagian bawahnya juga terkena sinar matahari.
10. Apabila setelah menginjak hari ke tujuh, periksalah pisang yang sudah jadi sale tersebut, apabila kadar airnya sudah sekitar 20% maka sale pisang tersebut sudah siap untuk diangkat dari media penjemuran.

Demikian proses pengolahan sale pisang dari bahan mentah menjadi bahan setengah jadi ( bahan setengah jadi nanti akan di tambah adonan untuk proses penggorengan ) Untuk proses adonan dan penggorengan tunggu saja postingan selanjutnya.

SELAMAT MENCOBA.



11 komentar:

Anonim mengatakan...

nama saya nur, bulan ini saya mencoba berbisnis sale pisang. saya minta cara jitu dala hal pemasaran sale pisang,,, makasih sebelumnya

legit mengatakan...

sdr.Nur untuk menjawab pertanyaan anda, silakan baca aja postingan terbaru saya, mudah - mudahan puas.

Kali Jogo mengatakan...

Sungguh bermanfaat bagi saya blog ini.... jika ada waktu yang pas saya mau belajar banyak tentang sale pisang. soalnya di tempat saya banyak pisang.

legit mengatakan...

ok..kami slalu siap kapan saja kalau anda berminat untuk belajar,apalagi di daerah kami justru skarang sedang kekurangan pisang untuk bahan baku.Semoga kita bisa bekerjasama dan sukses bersama...amiin

legit mengatakan...

untuk yang berminat kerjasama bisa kontak saya di 081313848818

Anonim mengatakan...

mas, tumbas sale pisang wonten pundi nggih...

legit mengatakan...

gak ngerti mas

Anonim mengatakan...

Lokasi dimana mas? Jenis pisang yg bisa dibikin sale pisang apa? Kebetulan orang tua saya kulakan pisang mas. Dan saya sedang berniat utk melirik bisnis lanjutan dr pisang.

legit mengatakan...

di ciamis jawa barat mas,sy pk pisang ambon

Anonim mengatakan...

bagaimana cara membuat selai rasa rasanya ( strawbery,durian,kiwi dll ) mohon di ajarkan cara membuatnya mas soalnya saya mw coba2 buat neh hehehe...
tolong infonya ke email saya y mas atw FB saya ... FB : ivancuex@yahoo.com atw email : ipan.chocolateland@gmail.com

legit mengatakan...

ini sale pisang mas..bkn selai..beda