sejarah singkat


            Kabupaten Ciamis,terutama Ciamis Selatan terkenal sebagai salah satu penghasil komoditi buah – buahan terutama pisang,setiap hari puluhan ton pisang di kirim ke berbagai daerah di Jawa Barat bahkan sampai ke Jawa Tengah.

            Aspek pemasaran dari buah pisang yang berlimpah tersebut sebetulnya tidak ada masalah,karena berapapun banyaknya hasil panen pisang pasti dapat diserap oleh pasar,namun keuntungan potensi  buah pisang ini hanya dinikmati oleh segelintir orang saja terutama para tengkulak yang mempunyai modal cukup,sedangkan taraf hidup petani pisangnya sendiri belum beranjak dari kesulitan ekonomi.

            Kondisi seperti diatas merupakan peluang besar serta menjadi awal mula tergeraknya seorang Bapak Said Rustandi dan ibu Wiwi istrinya untuk mulai merintis usaha pengolahan pisang pada tahun 1987.

            Salah satu cara memberikan nilai tambah terhadap komoditi buah pisang yang berlimpah di Kabupaten Ciamis yaitu dengan pengolahan pisang menjadi berbagai makanan olahan,dengan begitu selain akan menyerap tenaga kerja juga akan memberikan nilai tambah terhadap komoditi buah pisang dibanding apabila dijual langsung tanpa proses pengolahan.

            Pada akhirnya produk olahan makanan dari pisang tersebut bisa menjadi produk unggulan sebagai makanan khas Ciamis. Tentunya dengan menghasilkan produk berkualitas untuk kepuasan konsumen.

            Pada saat awal merintis usaha,tidak semudah membalikkan telapak tangan,berbagai kendala datang silih berganti,mulai dari teknik penjemuran pisang,racikan adonan yang baik serta strategi pemasaran yang terbaik selalu di coba.Baru setelah 3 ( tiga ) tahun usaha berjalan mulai menemukan formulasi usaha yang sedikit lebih baik.Menginjak tahun ke 4,usaha yang diberi nama LEGIT mulai berkembang dengan mempunyai jalur distribusi di toko – toko kue dan oleh-oleh se Jawa Barat,varian produk pun bertambah bukan hanya sale pisang tapi ditambah keripik pisang.Dengan berjalannya waktu persaingan pun semakin ketat,di tahun 1998 karena persaingan usaha yang ketat serta kondisi ekonomi negeri ini sedang menghadapi krisis LEGIT ikut terkena imbasnya,beberapa toko langganan yang begitu diandalkan dalam penjualan mengalami penurunan sehingga banyak batang yang di retur dan terpaksa dibuang.

            Namun bukan seorang pengusaha kalau menghadapi kendala langsung menyerah,kondisi krisis ekonomi serta persaingan ketat justru membuat Kami lebih kreatif dalam mengembangkan usaha dan berusaha tetap eksis.Strategi pemasatan Kami ubah dengan lebih menekankan kepada penjualan langsung ke konsumen ( direct selling ) tentu saja dengan diikuti promosi yang gencar bahwa Kami mempunyai produk yang pantas untuk menjadi oleh – oleh unggulan khas Ciamis,dengan target konsumen menengah keatas Kami lebih leluasa dalam menentukan harga,tanggung jawab yang paling besar adalah Kami harus tetap menjaga kualitas produk agar selalu memberikan yang terbaik untuk kepuasan konsumen.

            Saat ini 26 ( dua puluh enam ) tahun sudah Kami merintis usaha,Alhamdulillah apa yang menjadi tujuan Kami sedikit demi sedikit dapat tercapai,salah satu asset yang paling berharga bagi Kami adalah konsumen loyal Kami,bagi Kami konsumen bukan sekedar raja tapi merupakan keluarga besar LEGIT yang harus Kami berikan yang terbaik dengan menghasilkan produk – produk berkualitas.


VISI :
Menjadi yang terbaik dalam menghasilkan produk – produk makanan berbasis potensi daerah Ciamis.

MISI :
         
1.      Memberikan nilai tambah terhadap potensi sumber daya alam Ciamis
2.      Membuka lapangan kerja untuk masyarakat sekitar.
3.      Menciptakan produk khas daerah sebagai produk unggulan.
4.      Ikut serta mendukung program pemerintah dalam melestarikan dan menjaga kingkungan dengan memanfaatkan lahan yang ada untuk usaha yang produktif.

Aspek Produksi/Usaha/Teknis

Proses pengolahan buah pisang dibagi menjadi 2 ( dua ) tahap proses yaitu :
           
1.    Pengolahan bahan mentah menjadi bahan setengah jadi dengan cara dijemur atau di oven.
2.    Pengolahan bahan setengah jadi menjadi barang siap jual dengan cara menambahkan bahan tambah/adonan selanjutnya di lakukan penggorengan.

Hasil dari proses pengolahan pisang tersebut di pasaran biasa disebut sale pisang.

            Hal yang perlu diperhatikan dalam proses pembuatan sale pisang adalah kualitas dari buah pisang yang akan diolah menjadi sale pisang harus benar – benar sudah tua, sehingga kadar gula dari pisang setelah dikeringkan akan maksimal untuk menghasilkan rasa manis yang asli.

            Selain kualitas buah pisang harus yang terbaik,kualitas dari bahan tambahan/adonan juga harus baik,tentu saja dengan resep adonan yang terbaik juga.

            Faktor cuaca juga sangat berpengaruh terhadap kualitas hasil akhir dari proses pengolahan pisang ini,maka dari itu diperlukan oven pengering sebagai cadangan pada saat musim hujan atau cuaca tidak panas.

            Selain kualitas produk yang harus diperhatikan,tidak kalah pentingnya juga kualitas serta desain kemasan/packing yang baik dan menarik agar konsumen mempunyai kebanggaan pada saat membeli produk tersebut.

            Pelayanan/service terbaik terhadap konsumen adalah hal terakhir yang akan membuat konsumen akan datang kembali untuk membeli produk kita. Dengan konsep pelayanan khas Sunda yang ramah dan bersahabat sudah pasti konsumen akan merasa senang berbelanja di tempat Kami.
  
Aspek Pasar dan Pemasaran
           
            Peluang dan pasar untuk produk makanan olahan masih sangat terbuka luas,dengan strategi pemasaran yang baik serta pemilihan segmen pasar yang tepat,usaha ini akan terus berkembang dan berumur panjang.

Strategi pemasaran

            Sebagai makanan tradisional khas daerah Ciamis,Kami sangat diuntungkan dengan kondisi geografis Ciamis yang mempunyai potensi alam yang menarik banyak kunjungan wisatawan,Pantai Pangandaran adalah salah satu objek wisata yang sudah terkenal samapai mancanegara,dan itu meruoakan peluang pasar terbesar bagi usaha makanan olahan khas Ciamis. Dengan membuka gerai oleh – oleh di jalur wisata tersebut dan didukung promosi ke tempat wisatanya maka akan menggiring konsumen untuk membeli produk Kami.

            Kerjasama dengan biro perjalanan ataupun angkutan travel yang melewati jalur wisata juga dapat meningkatkan kunjungan calon konsumen ke tempat Kami.

            Kerjasama dengan Pemerintah Daerah juga Kami lakukan agar setiap ada kunjungan dinas dari Provinsi ataupun Pemerintah Pusat, mereka ( Pemerintah Daerah Ciamis ) membeli produk Kami sebagai oleh – oleh khas Ciamis.

Segmen Pasar

            Segmen pasar Kami adalah menengah keatas,karena Kami melihat pola konsumsi konsumen menengah keatas yang sekarang cenderung lebih suka makanan tradisional yang mempunyai khas daerah,tentu saja Kami imbangi dengan kualitas produk yang terbaik.

Aspek Sumber Daya Manusia
           
            Sumber daya manusia yang terlibat dalam usaha ini sangat banyak karena merupakan usaha manufaktur yang peluang kerjanya mulai dari hulu ke hilir, mulai dari penanaman pohon pisang, penjemuran buah pisang, pengolahan barang setengah jadi sampai barang siap jual.

            Konsep usaha juga bisa dijalankan dengan system plasma dengan membentuk pengrajin – pengrajin jemur pisang di daerah – daerah potensial buah pisang dan mereka nanti menjadi supplier untuk perusahaan Kami sehingga potensi sumber daya manusia yang begitu besar di Ciamis juga terserap oleh kegiatan usaha Kami.



Aspek Keuangan

Biaya Alat
         
NO.
NAMA ALAT
JUMLAH     ( UNIT )
HARGA
JUMLAH
1
OVEN
1
7.000.000,-
7.000.000,-
2
EBEG *)
50
        5.000,-
    250.000,-
3
PISAU STAINLES
5
      10.000,-
      50.000,-
4
KOMPOR GAS
1
  500.000,-
    500.000,-
5
TABUNG GAS
2
  150.000,-
    300.000,-
7
WAJAN
1
  100.000,-
    100.000,-
8
CUTIK/SEROK
1
    20.000,-
      20.000,-
9
TAMPAH/NYIRU
10
     10.000,-
    100.000,-

JUMLAH


8.320.000,-






Biaya Produksi / hari

NO.
NAMA ALAT
JUMLAH     ( UNIT )
HARGA
JUMLAH
1
SALE PISANG  KERING
50 kg
       25.000,-
 1. 250.000,-
2
ADONAN
1 paket
     120.000,-
    120.000,-
3
MINYAK GORENG
15 kg.
      10.000,-
    150.000,-
4
GAS
2
      15.000,-
      30.000,-
5
KEMASAN
250 pcs.
        2.000,-
   500.000,-
6
LABEL
250 lbr
            100,-
      25.000,-
7
UPAH  KARYAWAN
5
     30.000,-
    150.000,-
8
TRANSPORTASI

 
    100.000,-

JUMLAH


 2.325.000,-


Perhitungan Laba/Rugi

HASIL PRODUKSI                                                  50 kg. = 200 pack @ 250 gr.
HARGA JUAL                                                           Rp. 15.000,-/pack
JUMLAH PENJUALAN                                           Rp  3.000.000,-
BIAYA PRODUKSI                                                  Rp. 2.325.000,-


LABA :                                                                        Rp.    675.000,-/hari
Poskan Komentar